Sabtu, 27 April 2013

TUGAS 6 : Kebijakan untuk memenangkan globalisasi

Globalisasi Adalah Hubungan dan saling ketergantungan/keterkaitan-nya manusia antar satu negara dengan negara lainnya, satu bangsa dengan bangsa lainnya dalam hal ini berkaitan erat dengan perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin dekat dan nyaris tak berbatas.
Pengertian Globalisasi sangat erat dengan pengertian International/Internasional  yang mana Global diartikan juga sebagai Universal yaitu pemaknaan umum yang dirasakan oleh seluruh bangsa bangsa di dunia.
Globalisasi dapat pula diartikan : suatu produk atau pemaknaan yang masih konvensional (atau masih kuper/belum terkenal) yang akan di pasarkan atau diperkenalkan kepada publik dunia secara luas. sehingga semua orang mengenal produk, budaya, ilmu, kerajinan, penelitian atau apa pun itu.
Sesuatu yang telah Globalisasi, maka hampir seluruh orang mengenalinya termasuk dalam hal ini Asal muasalnya, fungsinya serta penciptanya.
Demikianlah  pengertian Globalisasi secara sederhana berdasarkan tinjauan atas Pemaknaan Globalisasi.
 
Lantas kebijakan apa yang bisa di upayakan dalam hal memenangkan globalisasi?
 
Menurut saya adalah :
 
- dalam segi budaya
Indonesia merupakan negara kepulaun terbesar di dunia dan mempunyai berbagai ras,suku dan budaya yang tersebar di beberapa pulau seperti sumatra,jawa,kalimantan,sulawesi dan irian/papua. setiap suku mempunyai ciri kas masing2 seperti musik,tarian, pakaian maupun dalam hal makanan. banyak orang asing dari barat maupun timur yang tertarik dengan budaya di indonesia karena ke anekaragamannya. buktinya di setiap daerah di indonesia banyak di kunjungi oleh turis2 dari mancanegara yang ingin mengekspos indonesia. oleh karena itu kita harus lebih bisa melestarikan segala ke budayaan tersebut. dan memperkenalkannya lebih luas lagi ke dunia global. Internet merupakan media yang paling efektif dalam mempublikasikannya. untuk itu setidaknya kita harus mempunyai situs2 yang memuat kontent segala macam kebudayaan indonesia. situs2 tersebut akan di akses oleh orang banyak dan tentu saja menjadi referensi bagi turis untuk berwisata.

dan Pemikiran sendiri .

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code